Kamis, 23 Februari 2012

belajar B.indonesia


Belajar Bahasa Indonesia menghadapi ujian Nasional


          Bahasa tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia, karena bahasa di gunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain. Bahasa mempunyai fungsi intelektual,social,dan emosional. Selain itu pelajaran bahasa akan membuat siswa mampu menggunakan kemampuan analitis, dan imajinatif.

            Pelajaran bahasa dan sastra indonesia sebenarnya dapat melahirkan individu yang mampu belajar secara mandiri, dalam hal ini para siswa di harapkan mampu menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar. Baik artinya menggunakan bahasa indonesia sesuai dengan situasi dan kondisi, sedangkan benar adalah mampu menggunakan bahasa indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah Ejaan Yang Disempurnakan.

            Dengan mempelajari bahasa indonesia diharapkan siswa memiliki 4 keterampilan berbahasa. Keterampilan tersebut ialah; keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

            Untuk menghadapi ujian nasional, biasanya bahasa indonesia di ujikan pada hari pertama. Sehingga para siswa belum pengalaman dalam hal menjawab pertanyaan-pertanyaan, sehingga banyak diantaranya yang tidak berhasil, oleh karna itu sebenarnya untuk mempelajari materi bahasa indonesia yang terdiri dari beberapa kompetensi dasar sebenarnya tidaklah begitu sulit, asal kita rajin mengikuti kegiatan proses belajar mengajar berlangsung terutama penjelasan-penjelasan dari guru mata pelajaran.

            Hal ini yang tak kalah pentingnya yaitu buku, buku adalah gudang ilmu tampa membaca buku seolah-olah dunia itu gelap, oleh karna itu kita harus rajin membaca, karena membaca berarti membuka dunia.

            Pelajaran bahasa indonesia begitu banyak peta konsep nya dari mulai tata bahasa, seperti fonem, morfen, morfologi, sintaksi dan kosakata, belum lagi sastra dari mulai pantun, cerpen, novel, dan hikayat. Semua itu kuncinya yaitu rajin membaca dan rajin bertanya pada pakarnya atau rajin mencari informasi dari internet. Semoga apa yang di jelaskan dapat di pahami oleh para siswa pada umumnya dan oleh siswa kelas 3 khususnya, terutama yang akan menghadapi ujian nasional yang sudah di depan mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar